Nanoedu dan Transformasi Pendidikan di Indonesia: Membangun Sinergi untuk Meningkatkan Kualitas Guru
Kamis, 4 Januari 2024. Nanoedu sebagai startup pendidikan, mengadakan audiensi dengan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Pertemuan yang berlangsung di Gedung D Kemendikbudristek ini bertujuan untuk membangun sinergi yang kuat dalam upaya meningkatkan kualitas serta memberdayakan para guru pendidik di Indonesia.
Salah satu program unggulan yang dibawa oleh Nanoedu dalam pertemuan ini adalah “Training for Mentor”. Program ini menjadi landasan utama dalam membentuk karakter yang berkualitas bagi para pendidik. Dengan fokus pada pengembangan kemampuan mentor, Nanoedu bertujuan untuk memberikan keterampilan yang lebih baik kepada para guru dalam menghadapi tantangan yang berkembang dalam dunia pendidikan di Indonesia.
Tujuan utama dari program “Training for Mentor” ini adalah untuk memungkinkan para pendidik agar dapat memberikan inovasi terbaru dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Salah satu elemen kunci dalam pencapaian tujuan ini adalah melalui riset yang berkelanjutan. Nanoedu mengakui bahwa pembelajaran yang efektif tidak hanya bergantung pada penguasaan materi pelajaran, tetapi juga pada kemampuan untuk terus berinovasi dan mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan.
Melalui program ini, Nanoedu memberikan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan untuk mendukung perkembangan guru sebagai agen perubahan dalam sistem pendidikan. Mereka tidak hanya diberikan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga didorong untuk menjadi pemimpin yang mampu menginspirasi generasi mendatang.
Dalam audiensi terjadi diskusi yang mendalam mengenai bagaimana sinergi antara Nanoedu dan Kementerian dapat lebih ditingkatkan.
“Pentingnya kolaborasi yang erat antara sektor publik dan swasta dalam meningkatkan standar pendidikan di Indonesia” ujar Dirjen GTK Kemdikbudristek Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.,
Mendorong pendidikan yang lebih baik bukanlah tugas yang mudah, tetapi melalui kemitraan yang kuat antara inovasi swasta seperti Nanoedu dan pemerintah, harapan untuk meningkatkan kualitas guru dan pendidikan di Indonesia menjadi semakin mungkin tercapai. Dengan program-program seperti “Training for Mentor”, diharapkan Indonesia dapat menghadirkan pendidikan yang lebih adaptif, inovatif, dan relevan bagi generasi mendatang.